• Apa Itu Internet Marketing: Pengertian, Manfaat dan Kelebihan Pemasaran Online

    Pengertian Internet Marketing

    Sebenarnya, apa itu internet marketing (pemasaran online)? Secara umum, pengertian internet marketing adalah bentuk pemasaran yang dilakukan melalui atau menggunakan media internet atau secara online.
     
    Mungkin selama ini pemahaman kita tentang internet marketing itu adalah hanya jualan lewat internet. Sebenarnya itu tidak salah juga karena kalau dilihat dari definisinya, internet marketing itu adalah pemasaran secara online melalui internet. Namun, kalau kita sudah bicara pemasaran, berarti itu bukan hanya penjualan tapi juga termasuk promosi, beriklan, branding, dan pelayanan pelanggan (customer service) yang dilakukan secara online.
     
    Lalu, apa gunanya kita melakukan internet marketing? Tentunya setiap pebisnis ingin meningkatkan hasil penjualan mereka atau ingin membuat brand mereka lebih terkenal. Nah, internet adalah salah satu media yang sangat baik untuk memberikan informasi kepada pengguna internet tentang bisnis mereka, dan juga sebagai media untuk menjual produk yang mereka miliki.
     
    Agar memudahkan kita memahami apa itu internet marketing, saya akan coba menjelaskan dengan cara lebih sederhana dan memberikan beberapa contoh bentuk internet marketing yang biasa dilakukan oleh para internet marketer (pemasar online).
     
    Bentuk internet marketing itu bisa kita bagi menjadi 2 bagian, yaitu sebagai Sumber Penghasilan, dan Cara Promosi. Pada dasarnya yang dilakukan dalam pemasaran online sebenarnya hanya dua itu, namun type bisnisnya sangat banyak. Berikut ini adalah penjelasan lebih sederhana tentang internet marketing:
     

    A. Internet Marketing Untuk Sumber Penghasilan (Source of Income)

    Saat ini, internet sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat urban. Coba perhatikan sekitar Anda, hampir semua orang sudah punya smartphone, bahkan tukang siomay pun sudah punya Aplikasi WhatsApp di smartphone miliknya agar bisa langsung promosi siomay dagangannya ke pelanggan.
     
    Pemasaran online sebagai sumber penghasilan bisa dilakukan dengan beberapa type bisnis, diantaranya adalah PPC (Pay Per Click), PPS (Pay Per Sale), PPL (Pay Per Lead), menjual produk sendiri (barang dan jasa), dan lain sebagainya. Berikut penjelasannya:
     
    1. PPC (Pay Per Click)
     
    Program PPC (Pay Per Click) banyak diikuti oleh pemiliki website/ blog untuk mendapatkan penghasilan dari properti online mereka, misalnya Artikel Blog, channel YouTube, Forum Online, Portal Berita, dan lain-lain. Penghasilan yang didapatkan dari program PPC ini adalah berasal dari kunjungan dan juga klik yang dilakukan oleh pengunjung pada sebuah iklan yang ada di sebuah situs.
     
    Publisher atau pemilik situs tersebut akan dibayar per klik yang dilakukan oleh pengunjung situsnya, dimana harga per kliknya sudah ditentukan terlebih dahulu oleh Advertiser/ pengiklan. Besar penghasilan tergantung pada banyaknya klik iklan dan juga harga klik yang di bid oleh Advertiser.
     
    Program PPC ini merupakan salah satu model bisnis online yang sangat menjanjikan. Beberapa perusahaan yang menawarkan program PPC diantaranya:
     
    • Google Adsense
    • Bidvertiser
    • Chitika
    • Infolinks
    • Kumpul Blogger
    • Sitti
    • ID Blog Network
    • AdsenseCamp
    • KlikSaya
    • Dan lain-lain
    2. PPS (Pay Per Sale)
     
    Dari namanya saja kita mungkin bisa mengerti tentang program ini. Kita akan dibayar setiap kali terjadi pembelian produk yang berasal dari link affiliasi milik kita. Besarnya penghasilan sangat tergantung pada banyaknya barang yang dijual, dan juga rate persentase komisi dari pemilik barang tersebut.
     
    Perusahaan yang menawarkan program PPS diantaranya:
     
    • Amazon.com
    • Clickbank.com
    • Dan lain-lain
    3. PPL (Pay Per Lead).
     
    Ini adalah program affiliasi dimana penjual/ vendor akan memberikan komisi setiap kali kita berhasil mengirimkan leads pada penjual/ vendor. Misalnya kita mengarahkan pengguna internet untuk mendaftar pada email newsletter, free trial, atau mengisi formulir, melalui link affiliasi milik kita. Salah satu perusahaan yang menawarkan program PPL adalah MaxBounty.com.
     
    4. Menjual Produk Sendiri atau Produk Orang Lain
     
    Sekarang ini, menjual sesuatu lewat internet bukanlah sesuatu yang luar biasa. Kita bisa menjual apapun lewat internet baik itu barang maupun jasa. Selain itu, bisnis offline kita bisa juga dipasarkan melalui internet lho. Misalnya kita punya usaha jualan bawang goreng, jual saja lewat internet, pasti ada yang beli :)
     
    Selain menjual produk sendiri, kita juga bisa mendapatkan penghasilan dengan cara menjual produk orang lain, baik itu produk fisik ataupun produk digital. Salah satu proses internet marketing dengan cara menjual produk orang lain adalah dengan cara menjadi reseller atau dropshipper produk orang lain. Begitu juga dengan pada produk digital, kita bisa menjadi affiliate marketer untuk sebuah produk yang dijual orang lain.
     
    5. Pelelangan (Online Auction)
     
    Di internet juga ada tempat untuk menjual sesuatu milik kita atau milik orang lain yang kita bantu jualkan, dengan cara lelang. Tentunya ini bisa menguntungkan karena kita bisa menjual barang kita tersebut pada orang yang menawar dengan harga tertinggi.
     
    Perusahaan terkenal yang menyediakan fasilitas pelelangan online:
     
    • eBay.com
    • Flippa.com
    • Dan lain-lain'

    B. Internet Marketing Untuk Promosi Online (Traffic Generation)

    Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, promosi online adalah salah satu bentuk dari pemasaran online. Tidak perduli produk atau bisnis apa yang mau dipromosikan, internet adalah salah satu media yang sangat efektif untuk membangun brand dan membuat website bisnis kita dikenal banyak orang.
     
    Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis melalui media internet, diantaranya adalah melalui SEO (Search Engine Optimization), melalui iklan PPC (PPC Ads), Email Marketing, Mobile Advertising, dan Social Media Marketing.
     
    1. SEO (Search Engine Optimization)
     
    SEO adalah bentuk promosi online yang sangat saya sukai karena gratis. Namun, SEO membutuhkan keahlian khusus, membutuhkan proses dengan waktu yang tidak sebentar. Bahkan seringkali SEO justru membutuhkan biaya untuk melakukan optimasi.
     
    Itulah sebabnya ada banyak pemilik website yang rela mengeluarkan uang untuk menyewa jasa SEO untuk membuat situs bisnis mereka masuk dalam halaman utama hasil pencarian search engine.
     
    2. SEM (Search Engine Marketing)
     
    Berbeda dengan SEO, search engine marketing ini adalah iklan PPC (pay per click) yang tayang di halaman hasil pencarian situs mesin pencari. Di Indonesia, Google adalah search engine yang paling sering digunakan di internet.
     
    Untuk kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna internet, kita akan melihat iklan di bagian atas, samping kanan, dan bawah hasil pencarian sebuah kata kunci. Banyak pakar internet marketing mengatakan bahwa Google Ads adalah metode pemasaran yang sangat tinggi konversinya karena halaman website kita berpeluang besar mendapatkan calon konsumen dari mesin pencari.
     
    Dalam hal ini kita sebagai pengiklan harus mengeluarkan uang agar iklan kita tampil di mesin pencari. Tentu saja kita bisa mengatur harga iklan yang sesuai dengan budget yang ada.
     
    3. Email Marketing
     
    Sesuai dengan namanya, email marketing adalah proses pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan email sebagai alat bantu. Email marketing ini juga bermacam-macam jenisnya, ada direct email, retention email, dan beriklan di email orang lain. Marketing melalui email biasanya sangat efektif karena promosi atau sales letter bisa langsung dikirimkan kepada pemilik akun email tersebut.
     
    Catatan penting yang harus diingat adalah kita tidak boleh melakukan SPAM karena akan mengganggu orang lain, dan tentunya akan merugikan kita sendiri karena si pemilik email bisa melakukan unscribe atau memasukkan email kita ke dalam daftar SPAMMER.
     
    4. Mobile Advertising
     
    Mobile advertising adalah, layanan pengiklanan melalui aplikasi mobile. Seperti kita ketahui, pengguna smartphone saat ini sudah sangat jamak, dan biasanya ponsel mereka dibawa kemanapun pergi. Inilah yang membuat mobile advertising sangat efektif untuk media promosi bisnis. Beberapa model mobile ads adalah melalui SMS, Banner Ads, Games, dan lain-lain.
     
    5. Social Media Marketing
     
    Sama halnya dengan SEO, promosi online dengan menggunakan social media dapat dilakukan dengan gratis. Tapi ini tidak semudah yang dibayangkan kebanyakan orang karena melibatkan banyak faktor, baik dari pengguna sosmed maupun dari sosmed nya sendiri.
     
    Seperti yang kita ketahui, pengguna situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, dan YouTube, jumlahnya sudah sangat banyak. Dan ini adalah media promosi yang sangat efektif untuk memasarkan produk apa saja melalui internet.
     
    Media sosial juga memiliki fitur periklanan yang sangat banyak digunakan oleh internet marketer untuk mendulang trafik dan penjualan. Beberapa diantaranya yang populer saat ini adalah:
     
    • Facebook Ads
    • Twitter Ads
    • Instagram Ads
    • YouTube Ads
    • Dan lain sebagainya

    Kelebihan Internet Marketing

    Pemasaran online memiliki beberapa manfaat dan kelebihan dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Mengacu pada pengertian internet marketing di atas, berikut ini adalah beberapa kelebihan pemasaran online:
     
    • Pemasaran online dapat dilakukan selama 24 jam non-stop.
    • Jangkauan pasar sangat luas karena kita dapat menjangkau berbagai kota, provinsi, bahkan negara lain (global) ketika memasarkan suatu produk melalui internet.
    • Biaya pemasaran online cenderung lebih hemat dibandingkan dengan pemasaran konvensional.
    • Dengan internet marketing maka risiko kerugian cenderung lebih kecil dibandingkan pemasaran konvensional.
    • Kita dapat melacak dan mengukur data respon konsumen dalam kegiatan pemasaran.
    • Dapat memasarkan produk kepada banyak orang sekaligus secara personal tanpa menyita waktu.
    • Dan masih banyak kelebihan lainnya.
    Demikianlah sedikit penjelasan singkat mengenai apa itu internet marketing, dan media-media yang bisa dimanfaatkan untuk pemasaran online. Memang ada banyak cara untuk melakukan internet marketing, namun kita tidak perlu melakukan semuanya karena tidak semua metode pemasaran bisa berhasil kita kerjakan. Pilihlah beberapa yang paling efektif dan cocok untuk make money online atau memasarkan produk/ jasa yang ingin dipromosikan.

     

    Lire la suite...


    votre commentaire
  • 10+ Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Online yang Sering Terjadi

    Sebenarnya apa penyebab kegagalan dalam Bisnis Online yang sering terjadi pada para pemula? Padahal banyak yang mengatakan bahwa bisnis online itu adalah salah bisnis yang cenderung lebih mudah dikerjakan dan lebih murah dibanding dengan bisnis offline.

    Selain itu, sekarang ini ada banyak sekali kursus dan workshop yang membahas tentang bisnis online, baik untuk para pemula maupun yang sudah lama berkecimpung di bisnis internet. Namun, lebih banyak orang yang gagal ketimbang yang berhasil menjalankan bisnis online.

    Apa sebabnya?

    Berikut ini adalah beberapa penyebab kegagalan dalam bisnis online yang sering terjadi, baik di kalangan pemula maupun yang sudah lama berbisnis online.

    1. Mindset Salah: Penyebab Kegagalan dalam Bisnis Online

    Mindset (pola pikir) yang benar sangat dibutuhkan ketika kita mulai belajar dan menjalankan bisnis online. Mereka yang punya mindset yang tepat punya peluang sukses lebih besar dalam bisnis online ketimbang mereka yang punya minset yang salah.
     
    Lalu apa saja contoh mindset yang salah itu?
     
    • Menganggap bisnis internet itu bisnis cepat kaya
    • Berpikir bahwa usaha online bisa sukses tanpa modal sama sekali
    • Menyepelekan dan menganggap bisnis online itu mudah, dan lain-lain
    • Pola pikir seperti ini sangat menghambat seseorang untuk berkembang, bahkan justru akan menjerumuskan orang tersebut. Saat memulai bisnis online, sebaiknya pola pikir kita fokus pada hal-hal yang bisa mendukung proses belajar dan praktek menjalankan usaha online.

    2. Kurangnya Pengetahuan Tentang Bisnis Online

    Memulai sesuatu tanpa pengetahuan yang memadai memang boleh-boleh saja dilakukan. Dalam artian, kita akan sering melakukan trial and error atau coba-coba sendiri. Jadi, kita belajar dari berbagai kesalahan yang kita lakukan selama proses coba-coba.
     
    Namun, melakukan trial and error dalam bisnis online pun harus ada pengetahuan lho. Ada pengetahuan dasar yang memang harus kita mengerti agar bisa belajar tentang bisnis internet, misalnya mengerti cara membuat email, cara membuat blog/ website, cara membuat akun di media sosial dan marketplace, dan lain-lain.
     
    Dan yang terpenting, pengetahuan dasar tentang bisnis online itu harus dimiliki oleh para pemula. Misalnya:
     
    • Mengetahui apa saja jenis bisnis online
    • Mengerti cara kerja dalam bisnis online
    • Bisa menjalankan salah satu jenis bisnis internet, dan seterusnya
    • Pengetahuan tentang bisnis online itu harus dipelajari secara terus menerus. Tidak cukup hanya sekedar mengetahui, kita juga harus praktek dan melakukan berbagai uji coba untuk menemukan cara terbaik dalam menjalankan usaha online.

    3. Tidak Fokus Menjalankan Bisnis Internet

    Ini adalah hal yang paling sering menjadi penyebab kegagalan dalam bisnis online. Jenis bisnis internet memang sangat beragam, dan masing-masing jenis usaha internet tersebut punya potensi yang menjanjikan.
     
    Tidak jarang para pemula mencoba semua jenis bisnis online, dan berpikir bahwa dengan menjalankan semua jenis bisnis itu maka dia akan bisa berhasil. Faktanya, semakin banyak jenis bisnis yang dikerjakan maka semakin besar peluang untuk GAGAL.
     
    Oleh karena itu, lebih baik kita fokus memilih satu atau dua jenis bisnis saja yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Misalnya, Anda punya skill menulis artikel, maka bisnis yang paling sesuai adalah menjual jasa menulis artikel atau membangun blog/ website untuk menghasilkan uang.
     

    4. Tidak Serius Menjalankan Bisnis Online

    Bisnis online itu sebenarnya sama saja dengan bisnis offline, hanya berbeda medianya saja. Artinya, agar bisa berhasil memiliki bisnis yang menguntungkan maka kita harus serius dalam menjalankannya.
     
    Mereka yang tidak serius biasanya menjalankan usaha online sekedarnya saja. Ketika penjualan sedang bagus, mereka akan cepat puas dan berpikir bahwa penjualan akan bagus terus. Dan ketika penjualan sedang menurun, mereka hanya mengeluh dan tidak melakukan sesuatu yang berarti untuk meningkatkan penjualan.
     
    Kalau hanya sekedar berbisnis online tanpa adanya keseriusan, pasti lambat laun akan tergerus oleh jaman dan para pemain baru yang serius. Sekarang ini kita bisa melihat banyak pemain baru yang berhasil, ini bukti bahwa hanya orang-orang serius yang bisa berhasil menjalankan bisnis.
     

    5. Tidak Mau Upgrade Skill Bisnis Online

    Dalam menjalankan semua bisnis, kita harus selalu berupaya meningkatkan skill dan pengetahuan. Apalagi bisnis internet itu sangat dinamis, perubahan dan peningkatan terjadi dalam waktu yang relatif singkat.
     
    Boleh dibilang upgrade skill bisnis online adalah salah satu investasi penting yang harus dilakukan oleh semua pengusaha online. Apa saja yang perlu dilakukan untuk upgrade skill?
     
    Tergantung jenis bisnis internet yang Anda jalankan. Misalnya Anda berjualan online, maka skill yang harus terus diupgrade adalah;
     
    • Cara pemasaran online terupdate
    • Pengetahuan mengenai kanal untuk berjualan online
    • Cara berkomunikasi dengan konsumen, dan lain-lain
    • Dengan pengetahuan dan skill yang tetap up to date, maka kita bisa bertahan dan maju dalam persaingan di bisnis online.

    6. Kurang Inovasi

    Seperti yang sudah disebutkan di atas, bisnis internet ini sangat dinamis dan selalu saja ada perkembangan di segala sisi. Para pemain baru selalu mencari cara agar bisa bersaing dengan pemain lama, sehingga mereka melakukan berbagai cara baru.
     
    Bila para pemain lama tidak melakukan inovasi, maka tentu saja akan ketinggalan dari para pemain baru. Salah satu cara untuk menghadapi persaingan dari pemain baru adalah dengan melakukan inovasi.
     
    Inovasi ini bisa bermacam-macam bentuknya, bisa dari sisi teknologi website, bisa juga dari cara pemasaran, atau mungkin inovasi cara berkomunikasi dengan konsumen. Apapun inovasi tersebut, bila tujuannya baik dan berguna bagi konsumen pasti akan memberikan dampak baik juga bagi bisnis kita.
     
    Salah satu contoh inovasi:
     
    • Teknologi website AMP (accelerate mobile page)
    • Cara berkomunikasi dengan konsumen melalui WhatsApp dan Facebook Messenge, dan lain sebagainya

    7. Tidak Sabar dan Mudah Menyerah

    Tidak sabar dan mudah menyerah merupakan salah satu penyebab kegagalan dalam bisnis online yang paling sering. Karena mindset yang salah dari awal, menganggap bahwa bisnis internet itu adalah bisnis cepat kaya, sehingga banyak pemula yang tidak sabar dan akhirnya menyerah begitu saja.
     
    Semua bisnis membutuhkan proses agar bisa mencapai titik sukses, dan itupun harus dengan kerja keras. Jadi, jika Anda punya kebiasaan tidak sabar dan mudah putus asa, sebaiknya jangan mencoba berbisnis online karena akan membuang waktu saja.
     

    8. Keterbatasan Waktu dalam Belajar dan Praktek

    Tidak dipungkiri bahwa mempelajari bisnis internet sampai akhirnya punya usaha online yang menguntungkan dan stabil itu butuh waktu. Mereka yang berprofesi sebagai pekerja kantoran dan mencoba belajar dan praktek bisnis internet pasti sering merasa kewalahan.
     
    Membagi waktu melakoni profesi utama saat ini sembari belajar dan menjalankan bisnis online adalah pekerjaan yang sangat melelahkan. Tak jarang pemula berhenti di tengah jalan karena merasa tak sanggup menjalankan dua profesi.
     
    Beberapa orang memutuskan untuk resign dan fokus berbisnis online. Namun, beberapa orang masih mengurungkan niat karena khawatir bisnis tidak berjalan baik padahal biaya kebutuhan keluarga tidak bisa berhenti begitu saja.
     
    Hal ini tentu saja harus disikapi dengan hati-hati. Jangan mudah terbujuk kata-kata motivator yang menyuruh Anda meninggalkan pekerjaan demi berbisnis online, pertimbangkan juga situasi dan kondisi keluarga. Kalau memang masih bisa, sementara ini Anda tetap saja berada di dua kapal, bekerja kantoran sembari menjalankan usaha online Anda.
     

    9. Bermental Gratisan

    Bermental gratisan adalah salah satu penyebab kegagalan dalam bisnis online yang sering dialami para pemula. Masih berhubungan dengan mindset, banyak yang beranggapan bahwa menjalankan bisnis online itu bisa sukses dengan cara gratisan. Tidak ada bisnis yang benar-benar gratis, mungkin lebih tepat bila bisnis online disebutkan bisa berjalan dengan modal kecil.
     
    Selain itu, jika Anda selalu berpikir bahwa ilmu dan perlengkapan menjalankan bisnis internet harus dengan yang gratisan maka kemungkinan besar bisnis Anda akan sulit berkembang. Memang ada layanan untuk berbisnis online yang bisa kita dapatkan secara gratis, namun tentunya layanan tersebut memiliki batasan dan ketentuan yang membatasi kreativitas Anda.
     
    Dan tentu saja kita akan lebih menghargai sesuatu yang kita bayar ketimbang yang kita dapatkan secara gratis. Hal ini pada akhirnya akan membentuk pola pikir kita bahwa bisnis kita sangat berharga dan harus dikelola dengan sebaik mungkin.
     
    Karena itu, jangan bermental gratisan ya!
     

    10. Membuat Target yang Muluk-muluk

    Ada pepatah yang mengatakan “Kejarlah cita-cita mu setinggi langit”. Artinya, kita boleh punya cita-cita setinggi mungkin. Namun, saran saya sebaiknya impian atau target Anda dalam berbisnis online jangan terlalu muluk-muluk.
     
    Tidak jarang lho target yang terlalu tinggi menjadi penyebab kegagalan dalam bisnis online. Misalnya, seorang pengusaha online punya target keuntungan Rp1 miliar per bulan padahal margin dari satu penjualannya sangat kecil.
     
    Buatlah target bisnis online yang terukur, masih masuk akal, dan dapat dicapai. Setiap berhasil mencapai target, Anda bisa meningkatkan target menjadi lebih tinggi, begitu seterusnya. Artinya, lebih baik membuat target yang masuk akal dan berhasil mencapainya daripada membuat target muluk-muluk tapi gagal dan membuat putus asa.

    Lire la suite...


    votre commentaire
  • Pakar SEO dan Ahli SEO Indonesia – Para Master Marketing Online di Indonesia

    Pakar SEO dan Ahli SEO Indonesia

    Percaya ngga, ternyata di Indonesia sudah semakin banyak pakar SEO (search engine optimization) lho. Hal ini bisa kita lihat dari semakin maraknya layanan sekolah SEO, pemasaran online, dan jasa yang menawarkan optimasi website agar masuk ke halaman utama di mesin pencari Google.
     
    Tapi sebelumnya kita harus tahu dulu apa itu SEO, berdasarkan definisi yang saya baca di wikipedia SEO itu adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.
     
    Sedikit membahas tentang SEO, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum menerapkannya dalam website kita. Kita harus mengenal apa itu SEO dan apa gunanya buat bisnis Anda. Dalam optimasi di mesin pencari, ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi posisi sebuah website di halaman pencarian search engine terutama Google, seperti;
     
    • Pemilihan keyword
    • Faktor nama domain
    • Hosting
    • Onpage & off page, SEO lebih lanjut
    • dan masih banyak lainnya
    Bila kita salah dalam menerapkan strategi SEO, bukan membuat situs kita semakin baik rankingnya tapi malah akan memperburuk reputasi website kita di mata search engine, dan lebih fatalnya akan di blacklist oleh mesin pencari. Nah untuk itulah kita perlu mempelajari tentang SEO. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang SEO bisa langsung di baca melalui informasi di Wikipedia.
     

    Siapa Saja Pakar SEO Indonesia?

    Ok, kembali ke topik yaitu tentang para pakar SEO Indonesia. Saya beberapa kali membaca profile dari beberapa ahli SEO yang saya kenal secara online, dan mereka saat ini memiliki jasa atau sekolah yang khusus tentang SEO ataupun tentang bisnis online.
     
    Beberapa nama pakar SEO dan master di dunia online marketing yang menurut saya punya reputasi baik di dunia online adalah:
     

    1. Anne Ahira (www.asianbrain.com)

    Anne Ahira adalah salah satu Guru internet marketer yang ada di Indonesia dan juga saya anggap sebagai pakar SEO. Setahu saya, dia sekarang berdomisili di Amerika dan sekali-sekali datang ke Indonesia untuk keperluan bisnis ataupun bertemu dengan keluarga dan teman-temannya di Indonesia. Di Asian Brain, Anne Ahira memberikan materi tentang internet marketing bersama beberapa mentor yang juga memiliki keahlian dan reputasi yang luar biasa dalam dunia marketing online.
     
    Saya sendiri pernah belajar di Asian Brain pada tahun 2009 (satu tahun). Dan menurut saya, materi pelajaran tentang internet marketing dan SEO yang ada di Asian Brain sangat bagus dan disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti walaupun Anda seorang pemula.
     
    Dari Asian Brain lah pertamakali saya belajar membuat blog, membangun network, menjual secara online, SEO, dan lain-lain. Jika Anda ingin sekali mengembangkan kemampuan dalam dunia online marketing dan SEO maka Anda harus mempertimbangkan untuk belajar Asian Brain (Update: AsianBrain.com sudah tidak aktif).
     

    2. Darmawan (panduanim.com)

    Anda pernah membuka website PanduanIM.com? Website ini berisi artikel yang membahas seputar internet marketing dan bisnis online, dan topik SEO adalah salah satu materi internet marketing yang dibahas di sana.
     
    Bila Anda pernah berkunjung ke website mas Darmawan, pasti Anda tahu bagaimana mudahnya memahami topik yang dibahas di sana karena setiap artikelnya dijelaskan dengan mendalam dan dengan bahasa yang sangat mudah dipahami oleh siapapun.
     
    Sepanjang pengalaman saya di dunia SEO, mas Darmawan adalah salah satu master SEO yang masih konsisten di jalur optimasi website (SEO). Hal ini bisa dibuktikan dengan kualitas SEO yang dimiliki oleh website PanduanIM, semua artikelnya mendapatkan posisi yang baik di halaman utama pencarian Google. Tidak seperti beberapa pelaku SEO yang sudah banting stir ke Facebook Ads dan sumber trafik lainnya.
     
    Jika Anda ingin belajar tentang SEO, maka PanduanIM.com adalah salah satu website yang SANGAT saya rekomendasikan. Selain materinya bisa diakses secara gratis, menurut saya strategi SEO yang dibahas di sana sangat efektif untuk kampanye SEO semua jenis website.
     

    3. Bramantya Farid (www.seoacademy.co)

    Bramantya Farid sangat fokus pada dunia SEO, hal ini bisa kita lihat dari sekolah SEO yang sudah dia bangun. Saya tidak bisa menjelaskan secara detail tentang master yang satu ini karena saya memang tidak belajar di sekolah SEO yang dia kelola.
     
    Namun ada beberapa hal yang saya ketahui tentang beliau, yaitu; Bram pernah pernah belajar tentang Internet Marketing di Asian Brain, website Bram pernah menjadi No. 1 dalam sebuah kontes SEO yang diselenggarakan secara Internasional. Jadi menurut saya, kita tidak perlu meragukan keahlian SEO yang dimiliki manusia yang satu ini hehehe. (Update situs www.seoacademy.co sudah tidak aktif. Saat ini Bramantya Farid lebih fokus pada Facebook Ads).
     

    4. Argun (www.dewaseo.co.id)

    Sejujurnya saya tidak terlalu mengenal sosok master yang satu ini, bahkan julukannya sebagai Dewa SEO pernah membuat saya agak risih – heh Dewa SEO? Pada awalnya saya tidak terlalu perduli dengan orang yg mengaku “Dewa” (dewa seo), tapi beberapa waktu belakangan ini ulasan positive yang membahas tentang dia dan tentu saja julukannya yang nyeleneh membuat saya tertarik untuk mengenal lebih jauh siapa sebenarnya sosok Argun ini.
     
    Ada banyak testimoni positive tentang ilmu SEO dan juga jasa yang di tawarkan oleh Argun. Tentu saja sosok ini tidak bisa dianggap sebelah mata karena dia memang punya reputasi baik dan sudah dibuktikan oleh banyak orang melalui jasa SEO dan jasa review yang ditawarkan oleh Argun sang pakar SEO.
     

    5. Ricky Pratama (trikmudahseo.blogspot.com)

    Sosok yang ke lima ini baru saja saya tambahkan karena saya memang baru menemukan dan membaca blognya beberapa waktu yang lalu. Mungkin tidak terlalu banyak internet marketer yang mengenal Ricky Pratama, atau mungkin saya aja yang kurang bergaul hahaha. Namun, jika kita membaca isi blognya, kita akan tahu kemampuan orang ini dalam hal SEO dan optimasi web/ blog di mesin pencari.
     
    Blognya memang masih menggunakan fasilitas gratis dari Blogspot, tapi isinya ‘daging’ semua lho. Dan uniknya Ricky mau berbagi kepada orang lain tentang SEO, tanpa bayaran alias Gratis. Tidak seperti beberapa internet marketer yang saya kenal, menjual ebook yang isinya ‘tidak seberapa’ dengan harga yang mahal.
     
    Selain empat orang yang saya sebutkan di atas pasti masih ada banyak pakar SEO Indonesia yang lain, namun saya masih sedikit mengetahui informasi tentang mereka. Nah jika Anda ingin belajar lebih jauh tentang SEO atau ingin belajar tentang internet marketing maka Anda sudah tidak terlalu bingung mencari-cari lagi, saya sudah menyebutkan beberapa orang yang ahli dibidang itu.
     
    Anda punya informasi tentang para master SEO di Indonesia yang lain? Silahkan share melalui kolom komentar. Terimakasih sudah membaca artikel saya :)
     
    Pakar atau ahli ialah seseorang yang banyak dianggap sebagai sumber tepercaya atas teknik maupun keahlian tertentu yang bakatnya untuk menilai dan memutuskan sesuatu dengan benar, baik, maupun adal sesuai dengan aturan dan status oleh sesamanya ataupun khayalak dalam bidang khusus tertentu. Lebih umumnya, seorang pakar ialah seseorang yang memiliki pengetahuan ataupun kemampuan luas dalam bidang studi tertentu.

    Lire la suite...


    votre commentaire
  • Mark Zuckerberg – Pendiri Facebook.com

    Mark Eliot Zuckerber atau yang lebih dikenal dengan Mark Zuckerberg, lahir di White Plains, New York – USA, pada tanggal 14 Mei 1984. Mark adalah seorang programmer komputer, seorang pengusaha di Amerika Serikat, dan pendiri sebuah situs jejaring sosial yang sangat populer saat ini, yaitu Facebook.com.

    Ketika Mark masih berada di sekolah menengah pertama, dia mulai belajar tentang pemrograman dan ayahnya mengajarkan tentang Atari Basic Programing di tahun 1990-an. Mark Zuckerberg adalah mahasiswa di Universitas Harvard dimana dia pertamakali membuat sebuah sistem jejaring sosial untuk teman-teman kuliahnya. Setelah beberapa waktu ternyata jejaring sosial yang awalnya dibuat khusus untuk teman-teman dikampusnya ternyata disukai oleh mahasiswa dari universitas lain, inilah awal dibentuknya Facebook.com.

     
    Selang beberapa waktu, Mark dan beberapa temannya mendapatkan investor dan menyewa sebuah tempat di Palo Alto, California, untuk mengembangkan Facebook.com. Peter Thiel (co-founder Paypal.com) adalah investor pertama mereka dimana Peter Thiel menginvestasikan uangnya sebesar $ 500.000 untuk biaya pengembangan Facebook.com. Mark dan teman-temannya kehilangan waktu kuliah karena terlalu fokus dalam mengerjakan Facebook, dan pada saat itulah mereka dihadapkan pilihan yang sulit, memilih untuk meninggalkan kuliah mereka dan fokus pada proyek mereka atau memilih melanjutkan kuliah yang bisa membuat proyek mereka terganggu. Dan pada akhirnya mereka memutuskan untuk fokus pada pengembangan Facebook dan memilih meninggalkan kuliah mereka.
     
    Dengan pengembangan Facebook yang semakin maju, hal ini membuat jumlah member di Facebook terus bertambah setiap harinya. Pertumbuhan facebook yang semakin pesat membuat Friendster tertarik untuk membelinya dan  mengajukan tawaran mereka untuk membeli Facebook pada tahun 2004. Nilai yang ditawarkan oleh Friendster untuk membeli Facebook tidak tanggung-tanggung, mereka mengajukan penawaran dengan harga $10 juta. Namun Mark Zuckerberg tidak berniat menjual Facebook dan menolak tawaran tersebut. Tak lama setelah Mark menolak tawaran dari Friendster, Facebook kembali menerima sokongan dana sebesar $12.7 juta dari Accel Partners. Dan sokongan dana semakin banyak datang dari berbagai investor untuk pengembangan Facebook.
     
    Pada tahun 2010 yang lalu, majalah Vanity Fair menobatkan Mark Zuckerberg sebaigai orang No. 1 dari 100 daftar orang yang paling berpengaruh di era informasi. Dan Mark Zuckerberg tercatat sebagai milyarder termuda atas usaha sendiri, di majalah Forbes. Pada saat itu, kekayaan Mark Zuckerberg ditaksir sekitar $6,9 miliar. Jumlah yang sangat fantastis untuk seorang pengusaha yang masih sangat muda.

    Lire la suite...


    votre commentaire
  • Dampak Buruk Minuman Energi

    Apakah selama ini kamu sering meminum minuman energi sehabis melakukan aktifitas olah raga atau aktifitas berat lainnya? Berdasarkan penelitian para ahli, ternyata mengkonsumsi minuman energi memiliki dampak buruk bagi kesehatan lho, dan sampai saat ini para peneliti masih terus melakukan penelitian tentang dampak buruk minuman energi ini.

    Remaja yang sering mengkonsumsi minuman energi secara berlebihan akan menyebabkan efek samping yang cukup berbahaya, apalagi bila minuman energi tersebut dicampurkan dengan minuman beralkohol. Minuman energi biasanya mengandung kafein yang tinggi, sehingga ketika dikonsumsi minuman tersebut dapat mengakibatkan jantung berdebar, tekanan darah tinggi, kegemukan, dan gangguan kesehatan lainnya.

     
    Dr. Kwabena Blankson, seorang ahli kesehatan remaja mengatakan “Minuman energi bisa berdampak serius bagi kesehatan orang yang meminumnya, terutama para remaja. Kandungan kafein yang tinggi pada minuman energi dan zat tambahan lainnya yang belum diketahui dapat berdampak buruk pada kesehatan”. Di dalam laporannya yang dimuat dalam jurnal Pediatricks in Review, Dr. Kwabena Blankson  menyimpulkan beberapa penelitian mengenai minuman energi.
     
    Berdasarkan sebuah survei di Amerika, kebanyakan remaja lebih memilih minuman energi untuk tetap berenergi dan terjaga dalam kegiatan mereka. Kadar kafein lebih dari 100 mg yang ada pada minuman energi tidak sehat bila dikonsumsi oleh remaja, sedangkan kadar kafein yang ada pada minuman energi seperti Red Bull, Monster Energy Assault, dan Rockstar, terkandung kafein hingga 160 mg. Selain mengandung kafein, minuman energi ini juga mengandung zat tambahan seperti gula, guarana, dan ginseng, yang pada dasarnya dapat meningkatkan efek dari kafein.
     
    Pihak The American Beverage Association menanggapi berbagai penelitian mengenai bahaya minuman energi ini dengan menyatakan bahwa kadar kafein dalam minuman tersebut hanya separuh dari jumlah kafein yang ada pada secangkir kopi. Mereka juga mengatakan bahwa di setiap label kemasan minuman energi tersebut sudah dituliskan jumlah kafein yang ada pada minuman tersebut, dan tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui, anak-anak, dan orang yang memang sensitif pada kafein.
     
    Walaupun demikian, kita masih sering melihat anak remaja mengkonsumsi minuman energi ini tanpa memperdulikan efek jangka panjang yang mungkin terjadi pada dirinya. Menurut saya, akan lebih baik jika kita beristirahat jika memang mengalami kelelahan, tidur yang cukup, dan meminum air putih, mengkonsumsi buah-buahan, dan menghindari minuman energi.

    Lire la suite...


    votre commentaire